Penyisihan NDO 2017 Digelar di FBS

  • PDF

DSC 0344Acara babak penyisihan Olimpiade Nasional Bahasa Jerman atau yang dikenal dengan Nationale Deutschschulolympiade 2017 digelar pada tanggal 29-30 Oktober selama dua hari berturut-turut berlangsung meriah. Pembukaan acara ini juga dihadiri oleh Dr. H. Syarifuddin Dollah, M.Pd selaku Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNM dan Dr. Syukur Saud, M.Pd selaku Pembantu Dekan II sekaligus sebagai ketua IGBJI cabang Makassar. Selain itu, kehadiran praktikantin, Diana Storcks dari Goethe Institut Jakarta turut meramaikan acara tersebut. Selain sebagai salah satu penguji dalam babak penyisihan, ia juga mempresentasikan materi tentang negara Jerman.

Acara ini diikuti oleh siswa dan siswi dari beberapa sekolah yang belajar bahasa Jerman naungan IGBJI cabang Makassar dan dirangkaikan dengan Pertemuan Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Sulawesi Selatan serta seminar Multiplikator yang diikuti oleh beberapa guru bahasa Jerman. Peserta yang mengikuti babak penyisihan ini sebanyak 42 siswa. Mereka bersaing untuk memperoleh kesempatan mengikuti program Sommerkurs di Jerman. Tahun ini, IGBJI Makassar memperoleh kesempatan mengirim 3 siswa dengan nilai terbaik untuk mengikuti NDO 2017 di Goethe Institut Jakarta.

Babak penyisihan NDO kali ini, siswa diuji dengan empat keterampilan berbahasa yaitu, membaca (Leseverstehen), mendengarkan (Hӧrverstehen), menulis (Schreibfertigkeit) dan berbicara (Sprechfertigkeit). Adapun yang berhasil lolos untuk mengikuti NDO 2017 di Goethe Institut Jakarta adalah siswa dari SMA Negeri 1 Sungguminasa sebagai juara pertama, SMA Athira sebagai juara kedua dan SMA Negeri 3 Makassar sebagai juara ketiga. Ketiga Siswa ini akan bersaing di tingkat nasional untuk selanjutnya memperebutkan tiket ke Jerman.

You are here: Home