Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin

  • PDF

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN

       1.    Visi:

            Pada tahun 2025 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Mandarin yang berwawasan kependidikan dan kewirausahaan dengan penguasaan bahasa Mandarin setingkat HSK 5 di kawasan Asia.

       2. Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran secara profesional dalam bidang bahasa Mandarin.
  2. Merancang dan mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran bahasa Mandarin.
  3. Melaksanakan penelitian terapan untuk menunjang pengembangan bahasa Mandarin.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara edukatif dan terprogram dengan mengacu pada kajian dalam bidang bahasa Mandarin.
  5. Melaksanakan dan mengembangkan kerjasama khususnya dengan masyarakat terinstitusi baik nasional, maupun internasional.

3. Tujuan

  1. Dosen memiliki kemampuan akademik dan profesionalisme dalam menerapkan, mengembangkan dan memperluas penggunaan bahasa Mandarin.
  2. Dosen memiliki kemampuan merancang dan mengembangkan kurikulum dan perangkat pembelajaran bahasa Mandarin.
  3. Dosen dapat mengimplementasikan keahliannya dalam bidang bahasa Mandarin dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  4. Dosen mampu mempublikasikan karya ilmiahnya dalam jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.
  5. Program studi menjalin kerjasama dengan instansi lokal, nasional, dan internasional.

       4. Sasaran:

  1. Pengembangan kapasitas dan manajemen organisasi/lembaga.
  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas akreditasi program studi.
  3. Penegasan peran dan fungsi serta tanggung jawab dosen Penasihat Akademik (PA) mahasiswa.
  4. Pengadaan pedoman baku dan Standar Operasional Prosedur (SOP) integrasi tata kelola pada program studi bahasa Mandarin
  5. Dukungan manajemen pemerolehan sertifikat keahlian bagi tenaga kependidikan.
  6. Pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TIK.
  7. Mengimplementasikan strategi/metode pembelajaran yang lebih inovatif yang berbasis TIK (e-learning).
  8. Mewujudkan pembelajaran yang mandiri dan berpusat pada mahasiswa berdasarkan hasil riset.
  9. Revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar yang berbasis IT (e-library)
  10. Sinkronisasi kegiatan pembelajaran dengan tuntutan dunia kerja melalui pengembangan kurikulum program studi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  11. Melanjutkan pelatihan e-learning bagi dosen.
  12. Menjadikan laboratorium sebagai pusat inovasi dan pengembangan pembelajaran.
    1. c.Peningkatan mutu penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah.
  13. 1)Mendorong dosen melakukan publikasi pada jurnal terakreditasi nasional dan bereputasi internasional.
  14. 2)Pelatihan penelitian secara berkala bagi peneliti muda (mahasiswa dan dosen).
  15. 3)Peningkatan jumlah Hak Paten hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta dukungan pemasaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI).
  16. 4)Peningkatan kerjasama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
    1. d.Pembentukan wadah pengelola jurnal ilmiah pada tingkat prodi.yang bertanggung jawab langsung kepada ketua jurusan.
    2. e.Pengembangan karakter mahasiswa dan hubungan alumni.
  17. 1)Pengembangan keterampilan hidup mahasiswa secara berkesinambungan.
  18. 2)Revitalisasi wadah praktik kewirausahaan mahasiswa yang memenuhi asas profesionalisme.
  19. 3)Memfasilitasi mahasiswa mengikuti kegiatan-kegiatan produktif-inovatif secara nasional dan/atau internasional.
  20. 4)Pelibatan mahasiswa pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh dosen.
  21. 5)Pengembangan soft-skill mahasiswa melalui integrasi dengan tugas-tugas perkuliahan.
  22. 6)Membuat sistem informasi alumni yang memudahkan jalur komunikasi antara alumni dan program studi.
    1. f.Perluasan jejaring, kemitraan, dan komunikasi antarlembaga.
  23. 1)Peningkatan jumlah kegiatan akademik yang dilaksanakan oleh prodi pendidikan bahasa Mandarin.
  24. 2)Menjalin komunikasi harmonis antarkampus, lembaga pemerintahan, lembaga nonpemerintahan, dan bisnis.
    1. 3)   Penegasan fungsi dan peran tenaga kependidikan.
You are here: Pend. Bahasa Mandarin