Prodi Pendidikan Bahasa Arab

  • PDF
VISI
Prodi Pendidikan Bahasa Arab memiliki visi sebagai pusat pengembangan kompetensi bahasa Arab dalam rangka menghasilkan tenaga pendidik yang profesional di bidang pendidikan ba­hasa Arab yang bertaqwa, berjiwa kebangsaan, berwawasan global, nasional, regional, dan lokal, serta mampu berpikir logis, kreatif, pembaharu, dan apresiatif, sehingga dapat menye­suaikan diri terhadap segala perubahan yang terjadi di lingkungannya. Visi tersebut diharapkan dapat dicapai pada tahun 2025.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Arab sehingga menghasilkan tenaga pendidik yang profesional.
  2. Menyelenggarakan kegiatan dan pengembangan pendidikan bahasa Arab untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat sebagai wadah penerapan hasil kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa Arab.
  4. Melaksanakan dan mengembangkan kerja sama dengan masyarakat yang terinstitusi, baik secara regional, nasional, maupun internasional.
TUJUAN
Pencapaian visi dan keterlaksanaan misi tersebut diharapkan dapat mewujudkan tujuan PS. PS Pendidikan Bahasa Arab bertujuan:
  1. Menyiapkan tenaga pendidik profesional di bidang pendidikan bahasa Arab;
  2. Menyiapkan tenaga peneliti profesional di bidang pendidikan bahasa Arab;
  3. Menyiapkan tenaga pembina dan pengembang di bidang pendidikan bahasa Arab;
  4. Menyiapkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kompetensi dan kualifikasi dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat;
  5. Menyiapkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kompetensi dan kompetisi pada era global;
  6. Menyiapkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan bahasa Arab yang memiliki kemampuan menggunakan bahasa daerah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kreatif, berdisiplin, menggunakan akal sehat, menerapkan pengetahuan yang berguna, serta memiliki kematangan sosial dan emosional; dan
  7. Menyiapkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan bahasa Arab yang mampu memahami, menghayati, menikmati, dan meman­faatkan karya sastra dalam rangka mengembangkan kepribadian, dan memperluas wawasan kehidupan berbangsa dan bernegara.
You are here: Pend. Bahasa Arab