Fasilitas

  • PDF

Sarana

Sarana perkuliahan di FBS mencakup ketersediaan kursi kuliah sejumlah 40-50 buah per kelas sebanyak 20 kelas (gedung DH 17 kelas, DA 1 kelas, DH 1 kelas dan DC 1 kelas) dan 70-80 kursi pada dua kelas besar (DG 101 dan 102). Masing-masing kelas dilengkapi dengan papan tulis, meja dan kursi dosen, podium, dan AC masing-masing satu unit. Khusus untuk ruangan kelas besar (DG 101 dan 102) dilengkapi dengan kipas angin gantung masing-masing 4 buah. Untuk ruangan DH 205, DH 206 dan DC lantai 2 dilengkapi dengan satu unit LCD gantung.

LCD yang berfungsi umum disediakan di kantor fakultas sebanyak 32 unit, digunakan oleh dosen yang akan memberikan perkuliahan secara bergantian. Sedangkan khusus mata kuliah tertentu di jurusan Bahasa Indonesia menggunakan papan tulis berkaki.

Jaringan internet terakses untuk mahasiswa dalam lingkungan FBS yang berasal dari UNM net dan Jurusan Bahasa Inggris. Jaringan listrik yang tersedia belum mampu melayani beban pengguna barang elektronik sehingga masih sering mengalami masalah pada jumlah daya listrik.

Perpustakaan sebagai sarana penunjang yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa, tersedia di Ruangan DH 306 dan DG 104 serta masing-masing jurusan memiliki ruangan baca yang berfungsi sebagai perpustakaan jurusan.

Prasarana

Prasarana yang dimiliki Fakultas Bahasa dan Sastra UNM yakni gedung perkuliahan, gedung kantor jurusan, gedung kantor fakultas, laboratorium, perpustakaan berbasis e-library dan gedung lembaga mahasiwa serta baruga. Dilengkapi dengan tempat parkir motor dan mobil serta pos satpam. Prasarana olah raga berupa: lapangan basket, lapangan bulu tangkis, lapangan tennis, papan tenis meja, lapangan sepak bola dan sepak raga.

Sistem Informasi

Secara umum, sistem informasi dan fasilitas yang digunakan FBS UNM untuk proses penyelenggaraan akademik masih memadukan fasilitas konvensional dan fasilitas IT. Media konvensional seperti papan tulis whiteboard, spidol, dan OHP tetap digunakan dalam proses pembelajaran. Fasilitas IT yang digunakan dalam proses pembelajaran Laptop dan LCD. Selalin itu, beberapa dosen memberikan tugas tugas melalui sistemon-line dan pembelajaran melalui sistem e-learning.

Pembayaran SPP mahasiswa dilaksanakan secara on-line oleh bank yang bekerjasama dengan Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar telah menerapkan Sistem Informasi Akademik Terpadu (simpadu) yang dapat diakses oleh civitas akademika UNM diwww.simpadu.unm.ac.id.  Data yang dapat terakses oleh Pemimpin Fakultas dan civitas akademika FBS melalui Simpadu meliputi kurikulum, kartu rencana studi, nilai mata kuliah, jumlah mahasiswa, jumlah dosen. Data tersebut dapat digunakan oleh pemimpin universitas dan pemimpin fakultas untuk mengambil keputusan.

You are here: Fasilitas