Tes Wawancara Jalur Mandiri

  • PDF

Universitas Negeri Makassar pada tahun akademik 2012/2013 menerima mahasiswa baru melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNM. Jalur Mandiri dibagi menjadi mandiri A, mandiri B, dan Mandiri C. Khusus untuk Mandiri A, tes berlangsung dalam dua tahap yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes wawancara. TPA dilaksanakan pada Sabtu, 14 Juli 2012 di kampus UNM dan beberapa sekolah yang letaknya berada di sekitar kampus UNN, sedangkan Tes Wawancara dilaksanakan pada Ahad, 15 Juli 2012 di fakultas masing-masing.

Fakultas Bahasa dan Sastra melaksanakan tes Wawancara pada hari Ahad, 15 Juli 2012. Tes wawancara berlangsung mulai pukul 09.00 Wita dan berakhir ukul 16.00 Wita diikuti oleh sebanyak 661 orang dari 698 orang yang terdaftar. Rektor UNM dan beberapa pejabat di lingkup UNM melakukan pemantauan langsung ke lokasi pelaksanaan wawancara di Fakultas bahasa dan Sastra.

Pembantu Rektor Bidang Akademik UNM, Prof Dr Sofyan Salam Phd mengungkapkan jika jalur Mandiri A adalah jalur seleksi calon mahasiswa dengan tes tertulis berupa Tes Potensi Akademik (TPA). Tesnya sendiri dilakukan  dua gelombang yakni pada jam 09.00-10.00 dan jam 11.00-12.00. " Hal ini kami lakukan untuk mengefisiensikan penggunaan ruangan, waktu dan tenaga serta jumlah pengawas yang dilibatkan, " katanya.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar MPd menjelaksan jika jalur Mandiri A ini dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak lulus melalui jalur SNMPTN sebelumnya, terutama untuk beberapa Program Studi (Prodi) yang sangat diminati seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Bahasa Inggris, Psikologi dan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (PTIK). Selain itu untuk mengisi kouta beberapa jurusan yang belum cukup kuotanya. " Ini juga merupakan amanah dari Departemen Pendidikan Nasional, untuk menambah kuota sebesar 10 % melalui jalur mandiri, ' ungkapnya.

Selain jalur Mandiri A adapula jalur Mandiri B yang merupakan jalur seleksi calon mahasiswa dengan ujian keterampilan seni, olahraga dan  teknik. Di jalur ini, jumlah pendaftranyan mencapai 1.733 orang> Tesnya sendiri akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Juli 2012 di Fakultas Ilmu Olahraga untuk yang memilih jurusan olahraga, di Fakultas Teknik bagi yang memilih jurusan teknik dan di Fakultas Seni dan Desain bagi yang memilih jurusan seni.

Sementara untuk jalur Mandiri C yang merupakan jalur seleksi calan mahasiswa baru dengan latar belakang ekonomi kurang mampu tapi memiliki prestasi jumlah pelamarnya mencapai 1.526 orang. Untuk jalur Mandiri C pemeriksaan berkas dan tes wawancaranya akan dilaksanakan pada Senin, 16 Jili 2012. Penerimaan mahasiswa lewat jalur mandiri ini rencananya akan diumumkan pada Rabu, 25 Juli 2012 di Tabloid Profesi UNM.

You are here: Akademik Tes Wawancara Jalur Mandiri